This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

Kamis, 14 Mei 2009

Tips -Tips Menarik

Sepuluh tips untuk membantu kamu dalam mengerjakan ujian:

  • Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.
    Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

  • Tenang dan percaya diri.
    Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.

  • Bersantailah tapi waspada.
    Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.

  • Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas)
    Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

  • Jawab soal-soal ujian secara strategis.
    Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah:

    • soal paling sulit
    • yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya
    • memiliki nilai terkecil
  • Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.
    Mula-mulai, abaikan jawaban yang kamu tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.

  • Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.
    Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.

  • Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya.
    Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil. Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

  • Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.
    Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

  • Analisa hasil ujianmu.
    Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.


Tips-tips mengatasi kejenuhan saat bekerja

Tidak dipungkiri dalam keseharian bekerja selalu mengalami kejenuhan, apalagi yang biasa bekerja dibelakang meja, yang sehari-hari hanya memelototi komputer, membuat mata jadi pedih dan pundak pegel rasanya tapi, jangan kawatir karena bekerja adalah motivasi hidup jadi perlu solusi untuk mengatasinya agar hilang kejenuhan dalam bekerja.
Berikut ini adalah tips-tips mengatasi kejenuhan saat mengalami kejenuhan bekerja. Hal ini biasanya berlaku tidak hanya sebgai drafterCAd saja tapi pofesi lain yang biasanya dibelakang meja, dan saat mengalami kejenuhan bisa melakukan hal-hal dibawah ini sehinga bisa mengatasi kejenuhan saat bekerja antara lain:
a. Berhentilah menggambar untuk sementara dan lakukan relaksasi, antara lain bisa dengan melakukan gerakan-gerakan senam kecil diluar ruangan, relaksasi otot kaki, otot tangan dan bahu, memijit leher dan punggun bisa dilakukan sendiri maupun bersama temen-temen seprofesi.
b. Memainkan Game-game dikomputer, biasanya dengan memainkan game-game komputer akan membuat fresh pikiran dan bisa mengembalikan konsentrasi lagi.
c. Browsing internet, dengan membrowsing atau berselancar internet, selain mengurangi kejenuhan bisa mendatangkan ide-ide baru atau mungkin mendownload file-file dari internet yang berhubungan dengan proyek maupun sekedar entertinment.
d. Mengobrol diluar ruangan bersama teman-teman lain sambil merokok, bagi yang merokok bisa menghilangkan kejenuhan. Tidak dipungkiri merokok biasanya bisa menghilangkan stress bagi sebagian orang yang biasanya merokok, walaupun tak berlaku bagi yang tidak merokok.Namun berdasarkan pengalaman di proyek merokok merupakan hal biasa.walaupun secara medis kurang baik.
e. Menonton Berita TV, bagi anda yang bekerja dirumah sendiri atau dikantor yang disediakan ruangan yang ada tvnya, menjadi pilihan untuk mengatasi kejenuhan saat bekerja, hiburan atau film-film bagus, atau berita terbaru di liputan televisi akan menjadi santapan yang mencerahkan pikiran sehingga kejenuhan menjadi hilang.
f. Minum kopi, sementara orang yang biasa minum kopi, saat bekerja didepan komputer yang lama-kelamaan mengantuk bisa minum kopi panas dulu, sehingga kejenuhan bisa hilang.
g. Membaca buku atau majalah atau koran. Dengan membuka buku-buku bacaan dan majalah-majalah berita, infotainment, kesehatan, komputer atau buku-buku motivasi akan sangat berguna dalam mengatasi kejenuhan.
h. Menulis artikel. Berdasarkan penyelidikan para ilmuwan menulis dengan manual memakai bolpoint di kertas baik berupa tulisan atau menggambar akan bisa mengurangi stess dan dampak negatifnya.
i. Jalan-jalan keluar rumah atau keluar kantor, bisa jalan kaki atau mengendarai mobil atau motor, ke toko buku atau sekedar puta-putar cari angin bisa mengatasi kejenuhan dalam bekerja.
j. Menelepon. Menelepon teman,saudara atau relasi dan berbincang-bincang ringan bisa menghilangkan kejenuhan. Dan lain-lain sesuai selera masing-masing individu yang mempunyai kiat-kiat tersendiri dalam menghilangkan kejenuhan, namun dari tips-tips diatas saya kira bisa mengatasi kejenuhan sementara dalam bekerja.


Tips Anti Grogi

Badan gemetar, muka pucat, ngomong gagap dan belibet, wah... kacau! Gara-gara grogi kesempatan emas bisa melayang!


Padahal, basically cuma ada dua penyebab kita suka grogi: gara-gara nggak pede atau gara-gara panik nggak juntrung!

Nggak percaya? Contoh gampang aja deh, grogi di depan cewek. Nggak usah muna lah, biar katanya cowok tuh nggak seribet cewek merhatiin penampilan, tapi begitu kita berhadapan dengan "mahluk manis", pasti jadi lain ceritanya. Dari ujung rambut sampe ujung kaki, dari omongan sampe kelakuan, diperhatiin abis-abisan!

Contoh lain yang gampang juga, kalo disuruh maju ngerjain soal di papan tulis sama guru killer! Panik kan? Makanya begitu ditanya-tanyain, wuah... ngomongnya jadi a-a, u-u. Tapi... ah, sudah lah. Ngapain ngomongin panjang lebar soal sebab musabab si grogi muncul. Mending kita siasati aja biar sifat grogian itu hilang, atau minimal bisa ditutupi kali yee....

• Enjoy aja...

Supaya nggak grogi, biar kata hati kebat-kebit lantaran nggak pede atawa panik, nikmati aja tuh rasa nggak pede dan panik. Kalo dinikmati pasti kita akhirnya jadi ngetawain diri sendiri deh. "Eh, ngapain ya gue kok kemelintingan kayak cacing kepanasan cuma gara-gara tuh cewek merhatiin jerawat di muka gue?" Percaya deh, setelah berhasil ngetawain "ketololan" diri sendiri, selanjutnya dijamin kita bakal bisa bersikap biasa lagi. Soalnya begitu berhasil ngetawain diri sendiri, berarti kita mulai sadar buat keluar dari ketololan itu!

• Self talk

Yang ini khusus buat ngilangin grogi yang disebabkan rasa nggak pede. Biar bisa pede dalam waktu singkat cuma ada satu caranya, puji diri sendiri abis-abisan. Misalnya, "Gue cakep... gue keren... dst." Tapi dalam hati aja ya mujinya, ntar dikatain narsis lagi, sama orang-orang. Hehehe....

• Relaksasi
Kalo yang ini baru buat ngilangin grogi karena panikan! Panikan nggak bakal terjadi kalo kita tenang, dan tenang cuma bisa terjadi kalo kita bisa rileks. Ribet ya? Tapi beneran lho. Cuma sayangnya rileks itu nggak bisa cepet terjadi kalo kita nggak ngebiasain melatih diri buat rileks. Makanya mulai sekarang rajin-rajin deh latihan relaksasi otot dan pernafasan. Biar begitu suatu saat rasa panik menyerang, badan dan pikiran udah otomatis rileks. Kan jadi nggak berlanjut ke grogi tuh?

Tips Nutupin Grogi

• Kurangin ngomong, banyakin senyum
Suara tuh indikator grogi yang paling menonjol selain warna muka yang berubah pucat atau merah, dan badan yang gemetaran. Berhubung pucat atau merahnya muka udah nggak mungkin ditutupin lagi (kalo urusan nutupin gemetaran, coba baca poin berikutnya), ya suara ini deh yang diakal-akalin ditutupin. Caranya apalagi kalo bukan mengirit kata-kata! Supaya makin sempurna, biar kedut-kedutannya bibir nggak keliatan, tebar senyum aja. Okeh?
• Pegang sesuatu
Upss, maksudnya bukan megang badan orang yang ada di depan kita lho. Hehehe.... Tapi, pegang sebuah barang! Yang kecil-kecil aja, kayak pulpen atau pemantik api gitu. Maksudnya biar energi berlebih yang timbul akibat grogi itu ada tempat pelampiasannya. Kalo nggak ada tempat pelampiasannya kan gemetarannya badan keliatan banget! Daripada badan gemetaran mendingan pulpen yang "gemetaran" bukan?
• Mending duduk daripada berdiri
Ini juga cara nutupin gemetaran badan. Coba deh perhatiin orang yang lagi grogi dalam posisi berdiri dan orang yang lagi grogi dalam posisi duduk, pasti lebih keliatan jelas groginya orang yang dalam posisi berdiri. Makanya, begitu mulain ada rasa-rasa grogi, langsung cari tempat duduk deh.
• Cari pemandangan indah
Bisa orang, bisa benda, bisa apa aja deh. Pokoknya pemandangan yang bisa ngasih efek ngademin hati atau menyedot perhatian. Kalo hati adem, pikiran kan jadi tenang. Kalo kita sibuk merhatiin sesuatu dan lupa sama apa yang tadinya bikin grogi, perasaan juga lebih tenang!


12 Cara Ngusir Bosan

Pengen ngusir rasa bosan? Pengen happy tiap hari? Nggak mustahil kok!


Bosan itu lumrah terjadi, tapi bukan berarti bisa dibiarkan berlama-lama. Usir dong! Supaya bisa lebih happy, dan bikin orang lain juga ikut happy. Gimana caranya? Nih!

1.Gue baik-baik aja tuh!
Kemaren kita patah hati gara-gara pacar ditikung temen. Kemaren kita bete abis gara-gara dihukum guru killer di depan kelas seharian. Kemaren jantung hampir copot gara-gara pas nyupir nyaris tabrakan sama bajaj. Ah, udah lah, nggak usah diinget-inget lagi kejadian nggak enak itu. Syukuri aja karena hari ini kita masih baik-baik aja! Dan terus janji sama diri sendiri kalo kita bakal jaga diri biar nggak ngalamin sial lagi.
2. Ubah rutinitas.
Kegiatan sehari-hari: ke sekolah, nongkrong bentar di depan gerbang pas bel pulang, trus pulang ke rumah, tidur, mandi, makan, nonton TV, ngerjain PR, trus tidur lagi! Wuuaaah, tiap hari kayak gini gimana nggak boring?! Ayo dong, cari kegiatan yang beda biar lebih bervariasi. Contoh nih, nginep di rumah temen saat hari biasa (Sama ortu bilang aja mau belajar bareng! Hehehe....). Nah, banyak kan yang bisa dikerjain bareng tuh temen. Dari ngobrol semalem suntuk, sampe main game sampe subuh! Hehehe....
3. Jauhi sifat sirikan.
Sifat sirik alias iri cuma bikin masalah doang. Bikin makan hati dan bikin slek sama orang yang disirikin. Kalo hati dongkol, pikiran suntuk, gimana bisa seneng?
4. Belajar bilang 'nggak'.
Temen minta dibikinin PR, pacar maksa dianterin jalan-jalan ke mall, nyokap bawel neleponin ngingetin jangan lupa makan.... Hey man, kita tuh bukan anak kecil lagi! Dan kita nggak harus ngelakuin apa yang disuruh sama orang lain, kalo kita emang nggak mau. Bilang aja, “Nggaaak...!”
5. Cari kenalan baru banyak-banyak.
Nggak perlu harus cewek cakep, nggak perlu harus anak-anak gaul. Kenalan sama tukang parkir di mal atau mbak-mbak penjual warung rokok juga bisa bikin hati senang lho. Percaya deh, ketika kita ngobrol sama mereka pasti ada aja pengalaman baru yang bakal kita dapet. Dan itu bakal bikin kita lebih semangat! Ketimbang tiap hari cuma ketemu dan ngobrol sama orang yang itu-itu juga? Perlakuan mereka ke kita pasti sama aja kayak hari-hari kemarin! Nggak ada something new....
6. Coba sesuatu yang tadinya nggak disukai.
Kalo selama ini paling jijik ngeliat cowok yang dandanannya rapi jali, coba sekali-sekali ikuti dandanan mereka. Kalo selama ini paling anti nongkrong di toko buku, coba sekali-sekali nongkrong di sana seharian. Atau kalo selama ini paling ogah makan pepes ikan buatan nyokap, coba sekali-sekali minta nyokap khusus buatin tuh pepes dan disantap sampe ludes! Kali-kali aja kali ini kita jadi suka sama sesuatu yang tadinya nggak disukai. Kalopun setelah dicoba tetap nggak suka, pengalaman unik pas maksain diri nyobain itu bisa bikin hati seneng.
7. Banyak-banyak bilang sayang.
Nggak usah malu atau gengsi bilang sayang ke orang-orang yang emang kita sayangi. Soalnya dengan blak-blakan mengutarakan isi hati kayak gini, mereka pasti bakal ngasih respon yang juga nyenengin deh.
8. Kasih kejutan buat diri sendiri.
Pasti ada dong sesuatu yang udah lama kita idam-idamkan? Bisa CD, VCD, games, atau malah liburan ke suatu tempat. Nah, daripada nunggu-nunggu dikasih orang lain tapi nggak dapet-dapet, kenapa nggak usaha sendiri aja ngasih itu ke diri sendiri. Lantaran udah lama pengen, begitu ngedapetinnya pasti puaaaasss.... Ya nggak?
9. Jalan-jalan sore di kompleks.
Ini mungkin udah lama banget nggak kita lakuin, nggak pernah ngiterin daerah tempat tinggal kita sore-sore lantaran waktu abis buat sekolah. So, mungkin udah banyak yang berubah. Rumah-rumah tetangga, fasilitas-fasilitas di perumahan, juga tetangga-tetangga kita! Mungkin kita bakal kaget-kaget. Tapi, dalam kaget itu sedikit pasti nyelip perasaan excited!
10. Create something.
Yang pasti sesuatu yang emang udah lama kita senangi. Suka ngebengkel? Utak-atik deh tuh mobil or motor biar tampilannya jadi beda. Suka ngeband? Kenapa nggak coba-coba bikin lagu. Atau suka gambar? Ya gambar dong, susah amat! Hehehe.... Asal tau aja nih, ketika kita berhasil meng-create sesuatu, apapun itu, ujung-ujungnya pasti girang abis!
11. Tebar senyum.
Senyum tanda hati bahagia. Berarti makin banyak sneyum hati makin bahagia. Jadi, senyum aja terus! Hehehe....
12. Nelepon, SMS-an, atau nulis e-mail ke sobat lama!
Lama nggak ngobrol, lama nggak ketemu, pasti kangen berat! Dengan menghubungi mereka lagi, pasti obrolan bakal seru abis. Tau gimana kabar dia sekarang, atau sekedar mengingat kenangan-kenangan lama pasti nyenengin kan?

Lainnya

  1. Tips memperburuk hubungan pacaran
    Dibawah ada sedikit tips untuk memperburuk keadaan hubungan pasutri pacaran. Mo tau? Simak deh baik-baik. #1 Too busy. Kalian terlalu asyik dengan pekerjaan. Kalian nggak...
  2. Seks bebas itu candu…
    Lusa kemarin hatiku udah kebit-kebit nggak ada bahan posting untuk kategori let’s talk, kategori yang menjadi branding blog ini yang menurut konvensi dalam diriku minimal...
  3. Tips Valentine V: Jangan berbuat negatif!
    Kemarin aku bersama beberapa teman meneliti kembali video porno-video porno yang ada di internet beserta latar belakang video itu dibuat. Aku menemukan beberapa yang unik,...
  4. Kopdar tanpa screenshot…
    Akhirnya, blogger madiun bisa kopdar lagi. Kali ini anggotanya tambah 2 orang lagi. Lumayan deh, dikit-dikit jadi banyak juga. Mungkin aja ada blogger madiun yang...
  5. Cara menghentikan kebiasaan ML
    Berhubungan seks atau yang biasa disebut ML itu enak. Setidaknya itu yang dibilang oleh Mbahmul dan mas Wawan. Katanya hal itu bisa meredakan stress, mengendurkan...

0 komentar: